Suka Tidur Dengan Lampu Menyala ??? Ini Lho Bahayanya

21 Desember
Suka Tidur Dengan Lampu Menyala ??? Ini Lho Bahayanya – Tidur merupakan istirahat paling baik yang dilakukan setiap orang setelah beraktivitas seharian penuh. Istirahat ini menjadi aktivitas rutin dan penting yang dapat dilakukan pada siang atau malam hari karena banyak sekali manfaat dari tidur terutama tidur di waktu malam.

Dengan tidur yang cukup, tubuh seseorang akan kembali segar untuk melakukan aktivitas selanjutnya. Kekurang tidur dapat menyebabkan berkurangnya konsentrasi dan mudah lupa.


Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala


Cara masing-masing orang saat tidur berbeda-beda. Sebagian orang suka tidur dengan mematikan lampu dengan alasan agar tidur lebih tenang dan nyenyak. Ada juga beberapa orang yang lebih nyaman tidur dengan lampu yang tetap menyala karena takut gelap dan tidak nyaman. Lalu apakah dampak dari kedua cara tidur tersebut ?

baca juga Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Tidur dengan lampu lampu menyala ternyata berdampak buruk bagi kesehatan. Orang yang terbiasa tidur malam dengan tetap membiarkan lampu menyala akan lebih beresiko terkena penyakit kanker, kardiovaskular, gangguan sistem metabolisme, dan diabetes. Berikut ini akan diulas beberapa bahaya dari tidur malam dengan lampu menyala:

Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala


1.    Menghambat produksi melatonin, yaitu hormone yang berperan sebagai pencegah dan penghambat pertumbuhan sel kanker. Sinar lampu akan menghentikan produksi hormon ini.

2.    Cahaya lampu yang tetap menyala saat tidur dapat meningkatkan resiko kanker payudara dan kanker usus besar bagi wanita.

3.    Berdasarkan hasil penelitian OHIO STATE UNIVERSITY MEDICAL CENTRE, tidur dengan lampu menyala akan mengakibatkan perubahan struktur otak dan menyebabkan depresi.

4.    Memberi efek buruk dan mengancam kesehatan tubuh. Tidur dengan lampu menyala mengakibatkan seseorang mengalami gangguan tidur. Tidur yang terganggu dapat memperburuk metabolisme tubuh dan sangat mungkin untuk terkena penyakit diabetes yang dapat mengancam kesehatan tubuh anda.

Bila anda termasuk orang yang suka tidur dengan lampu menyala, mulai saat ini sebaiknya anda harus benar-benar mempertimbangkan kebiasaan buruk tersebut mengingat dampak buruknya yang membahayakan kesehatan anda.

Jika anda takut akan ruangan yang gelap total, anda dapat menggunakan lampu tidur yang redup agar tetap dapat tidur dengan tenang. Apalagi anak-anak atau bayi biasanya masih takut bila tidur dalam kegelapan.

Demikian yang bisa kami sampaikan tentang bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala ..
semoga bermanfaat

Artikel Terkait

Previous
Next Post »