Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

18 Desember
Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya – Pernahkah anda mendengar buah plum? Ya, buah yang hampir mirip seperti buah anggur ini ternyata memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

Di luar negeri sana seperti Eropa, Amerika, Jepang, dan China, buah ini banyak dibudidayakan karena dinilai memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Selain rasa buahnya yang sangat segar, maka buah plum cukup bermanfaat terutama bagi kesehatan tubuh kita.

Namun keberadaan buah plum di Indonesia sendiri belum begitu populer seperti buah naga yang saat ini banyak dicari. Buah yang memiliki nama latin Prunus Domestica ini, memiliki kandungan cukup banyak nutrisi sangat baik untuk kesehatan tubuh.

manfaat buah plum


Kandungan nutrisi tersebut antara lain seperti : vit A, vit B, vit K, serat, mineral, dan antioksidan. Kadar serat yang dimiliki buah plum sangat tinggi sehingga cocok bagi anda yang mungkin sedang menjalani diet sehat dan makanan yang kaya akan serat akan membantu mengatur fungsi sistem pencernaan.

Yang perlu kita ketahui adalah ternyata buah plum itu memiliki kadar kalori dan lemak yang cukup rendah yaitu jumlahnya hanya sekitar 30 kalori atau 1,5% dari asupan harian yang direkomendasikan. Makanan yang rendah kalori dan lemak juga bagus untuk menurunkan dan mengurangi berat badan kita. Selanjutnya marilah kita bahas lebih lanjut mengenai apa saja sih manfaat buah plum bagi kesehatan kita ? Berikut ulasannya :

Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan Tubuh


1.    Mengatasi Obesitas

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa jika kita mengkonsumsi buah plum maka akan membantu memerangi sindrom metabolik dengan cara menghubungkan suatu senyawa bioaktif. Fungsi dari Flafonoid fan senyawa fenolik ternyata akan memberikan efek anti obesitas dan anti inflamasi pada sel-sel tubuh sehingga dapat mencegah masalah yang ditimbulkan akibat obesitas seperti diabetes dan kolesterol.

2.    Meningkatkan Imunitas

Infeksi kerap terjadi ketika terjadi perubahan iklim yang dapat membuat kita rentan terkena virus atau penyakit menular. Dan ternyata Buah plum merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Seperti kita ketahui bahwa vitamin C sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh akan lebih kuat terhadap penyakit.


baca juga Cara Meluruskan Rambut Dengan Bahan Alami

3.    Menjaga Sistem Syaraf

Buah plum memiliki kandungan vitamin B6 yang dapat membantu transimi sinyal syaraf sehingga fungsi sistem saraf dapat berjalan normal. Selain itu buah plum juga akan membantu pembentukan hormon yang ternyata dapat mempengaruhi suasana hati, hal ini dikarenakan kandungan asam amino pada buah plum akan memproduksi neurotrasmiliter serotonin.

4.    Baik Untuk Ibu Hamil

Bagi ibu-ibu yang saat ini sedang hamil muda, wajib menjaga pola makan, hal ini semata-mata agar bayi yang dikandungnya dapat tumbuh sehat dan cerdas. Mengkonsumsi makanan bergizi menjadi pilihan yang tepat, dan buah plum adalah salah satu makanan bergizi yang cocok untuk ibu hamil muda. Buah plum mengandung banyak vitamin, mineral dan senyawa-senyawa yang baik untuk kesehatan tulan, jaringan sel dan kesehatan bayi yang ada di dalam rahim. Namun perlu kita waspadai jika anda akan membeli jus plum di pasaran, sebab ada kemungkinan jus yang anda beli mengandung gula yang tinggi atau pemanis buatan, dan hal ini tidak baik bagi kesehatan ibu yang sedang hamil.


baca juga Tentang Keputihan Pada Wanita

 

5.    Untuk Perawatan Kulit

Selain untuk menjaga kesehatan, buah plum juga sering digunakan sebagai alat kecantikan. Kandungan antioksidan didalamnya dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit agar tetap terlihat segar dan berseri. Buah plum juga dapat menghilangkan flek hitam dan mengurangi kerutan karena sifat dari buah plum sendiri adalah anti penuaan.

6.    Digunakan Sebagai Obat Kumur

Jika anda memiliki masalah bau mulut, sakit gigi atau gusi berdarah? Buah plum bisa menjadi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi atau mengunyah hingga halus agar kuman dan bakteri yang ada dimulut akan terbawa oleh buah plum tersebut.

Manfaat buah plum yang memiliki banyak nutrisi adalah buah yang masih segar dan sudah masak. Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa buah tersebut segar dan matang? Buah plum yang sudah matang memiliki tekstur yang sedikit lunak jika ditekan dan aroma yang keluar terasa harum. Hindari buah plum yang permukaannya terlihat memar dan terlalu lunak karena kemungkinan buah tersebut sudah busuk.

Untuk penyimpanan, anda dapat menyimpan buah ini dalam lemari pendingin pada suhu tertentu. Banyak manfaat yang dapat kita ambil dari buah plum ini, tetapi meskipun bermanfaat ternyata buah plum juga memiliki efek samping yang cukup berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Plum mengandung oksalat yang dapat mengakibatkan masalah pada penderita batu ginjal, empedu dan komplikasi kandung kemih.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai manfaat buah plum
semoga bermanfaat...



Artikel Terkait

Previous
Next Post »