Agar Bayi Pintar, Inilah Makanan Yang Wajib Dikonsumi Ibu Hamil

19 Desember
Agar Bayi Pintar, Inilah Makanan Yang Wajib Dikonsumi Ibu Hamil – Tumbuh kembang bayi bergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi ibu pada masa kehamilan. Jika ibu hamil rajin mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gizi seperti omega 3, vitamin, protein, mineral dan zat besi?
Maka sangat berpengaruh pada pertumuhan dan perkembangan otak bayi. Bayi akan menjadi pintar, cerdas dan memiliki daya ingat yang tajam jika diberi asupan makanan yang mengandung omega 3.

Kandungan tersebut biasanya berasal dari ikan laut seperti tuna dan tenggiri. Untuk itu, agar anak dapat tumbuh cerdas sebaiknya ibu harus memperhatikan nilai gizi yang terkandung pada makanan. Agar perkembangan otak si buah hati berjalan baik? Maka seorang ibu hamil setidaknya harus mengkonsumsi jenis-jenis makanan berikut ini.



Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Agar Bayi Tumbuh Cerdas

1. Ikan

Seperti yang telah kami sebutkan tadi bahwa ikan merupakan salah satu jenis makanan yang sangat direkomendasikan terutama bagi ibu yang sedang hamil. Ikan banyak mengandung omega 3 yang penting bagi perkembangan otak bayi dan ada banyak jenis ikan yang memiliki kandungan tersebut salah satunya seperti ikan salmon, ikan tuna dan ikan mackerel.

2. Telur

Sebagai pengganti daging, wanita hamil disarankan mengkonsumsi telur lebih banyak dari biasanya. Telur mengandung banyak protein dan zat besi yang dapat membuat berat badan bayi lebih meningkat karena salah satu penyebab menurunnya IQ anak karena pertumbuhannya yang kurang maksimal.

3. Bayam dan Kacang-kacangan

Bayam dan Kacang-kacangan merupakan sumber zat besi yang sangat baik untuk perkembangan otak. Zat besi berperan untuk membantu pengiriman oksigen ke sel-sel otak selama proses kehamilan. Namun selain bayam anda juga bias menggunakan supplement yang disarankan dokter.

4. Blueberry

Unuk membantu perkembangan otak calon bayi, anda bisa mengkonsumsi buah blueberry secara rutin. Buah ini memiliki kandungan antioksidan yang harus dikonsumsi selama masa kehamilan karena dengan asupan antioksidan yang cukup, maka jaringan otak bayi akan terjaga dan proses perkembangan otak pun menjadi sempurna.

5. Makanan Berserat

Makanan yang banyak mengandung serat dapat berasal dari nasi, gandum, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayur. Kelima jenis makanan ini sangat bagus dikonsumsi terutama bagi ibu yang tengah hamil. Serat dapat mengurangi resiko wasir dan sembelit, selain itu juga membantu proses tumbuh kembang bayi didalam rahim.

6. Susu

Susu memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan asupan kalsium bagi ibu hamil sangat diperlukan agar kelak bayi dapat lahir dengan sehat, kuat dan cerdas. Namun selain susu, untuk mendapatkan asupan kalsium juga dapat berasal dari makanan lain seperti Brokoli, Sawi, Kubis dan Kangkung. Semua jenis sayuran ini memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi sehingga cocok bagi ibu hamil.


Hampir semua jenis makanan yang tersebut di atas ada di sekitar kita dan mudah didapatkan. Jadi tidak ada salahnya bila ibu yang sedang hamil mengusahakan bisa mengkonsumsi jenis makanan tersebut, dengan harapan bayi yang sedang dikandung bisa menjadi anak yang cerdas dan sehat dambaan setiap orang tua.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil dengan harapan artikel tersebut bermanfaat...



Artikel Terkait

Previous
Next Post »