Tips Agar Nyaman Saat Menginap di Hotel

18 April

Menginap di hotel seharusnya merupakan salah satu bagian yang menyenangkan dari perjalanan wisata Anda. Namun demikian, tidak sedikit wisatawan merasa kecewa, bahkan saat menginap di hotel bintang 5 sekalipun. Terkadang kekecewaan wisatawan bukan sepenuhnya kesalahan dari pihak hotel. Mungkin Tips Agar Nyaman Saat Menginap di Hotel berikut dapat mengurangi kemungkinan Anda kecewa saat menginap di hotel :

1. Cek kamar
Saat masuk kamar untuk pertama kalinya, sebaiknya Anda jangan langsung membongkar isi koper atau langsung tidur. Periksalah dulu kamar Anda, mulai dari sprei (pastikan licin dan tidak bau), AC dingin, shower dan TV berfungsi dengan baik. Bila ada yang tidak beres segera minta ganti kamar (lakukan dengan dengan sopan tentunya). Nah jika semua OK, baru bongkar koper Anda dan Anda bisa menikmati hotel sambil tidur-tiduran melepaskan lelah setelah perjalanan jauh.

2. Perhatikan kebersihan
Walaupun Anda menginap di hotel bintang 5, kebersihan beberapa peralatan berikut tetap harus Anda perhatikan :
- Saklar lampu, remote TV dan handle pintu. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat dan diumumkan di American Society for Microbiology pada Juni 2012, terungkap bahwa saklar lampu dan remote televisi merupakan dua benda yang banyak terkontaminasi oleh bakteri. Oleh karena itu, ada baiknya Anda melap terlebih dahulu remote televisi dan saklar lampu dengan tisu basah sebelum Anda memegangnya. Selain itu, Anda juga harus mencuci gelas atau cangkir dan ketel pemanas air sebelum digunakan.

3. Fasilitas gratis
Sebelum memakai fasilitas hotel sebaiknya Anda mengkonfirmasi apakah fasilitas tersebut gratis (complimentary) atau dicharge. Ketika ANda menggunakan fasilitas karena Anda berpikir itu gratis (misalnya internet/Wifi) tetapi ketika check out ANda di charge, tentu Anda akan merasa kecewa.

4. Ganti handuk baru
Apabila Anda menginap di hotel lebih dari 1 hari dan Anda ingin mengganti handuk dengan handuk baru setiap hari, maka letakkan handuk lama Anda di lantai. Umumnya handuk yang masih tergantung tidak akan diganti oleh hotel. Namun pertimbangkan untuk Go Green, satu handuk yang di cuci akan ikut memperbanyak limbah, memboroskan air dan mengkonsumsi energi listrik.

5. Menyimpan barang-barang berharga
Apabila Anda membawa barang-barang berharga, jangan tinggalkan di dalam kamar. Taruhlah di safe deposit box dan kunci dengan baik.

6. Fasilitas wake-up call
Jika Anda memiliki schedule dipagi hari dan Anda adalah tipe orang yang susah bangun (apalagi hotelnya nyaman, bangun jadi makin susah) Anda dapat memanfaatkan fasilitas wake-up call yaitu petugas hotel akan menelpon ke kamar Anda sesuai waktu yang Anda minta.

7. Waktu Sarapan
Umumnya waktu sarapan di hotel adalah jam 6 - 10 pagi. Jangan sampai Anda terlalu menikmati kamar Anda sehingga lupa untuk sarapan karena setelah jam 10 pagi restourant hotel tidak melayani sarapan lagi. Usahakan datang lebih pagi sehingga Anda tidak mengantri dan pilihan menu masih lengkap.

Bila Anda sedang melakukan kunjungan atau perjalanan wisata ke kota Malang atau kota wisata Batu, anda bisa menginap di salah satu penginapan murah malang yang fasilitasnya setara dengan hotel malang, harganya sangat terjangkau namun fasilitasnya sangat mantab. Anda bisa menginap di salah satu Guest House Malang yang cukup terkenal yaitu Syariah Guest House . Lokasinya sangat strategis terletak diantara kawasan kota malang dn kota wisata batu.

Semoga pengalaman Anda menginap di hotel selalu menyenangkan :)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »