Cara Membuat Kolam Renang Murah

18 April

Renang adalah salah satu lahraga yang termasuk favorit. Dari anak-anak hingga orang tua banyak yang menggemarinya. Betapa tidak, karena dengan renang selain berolah raga untuk kesehatan tubuh, kita juga bisa sambil refreshing melepaskan penat dan segala fikiran yang menyebabkan stress.
Bagi yang tinggal di daerah pantai atau dekat sungai mungkin bisa berenang sewaktu-waktu. Namun bagaimana yang tinggal jauh dari kolam renang atau tempat berenang ??? Sehingga karena itulah sekarang banyak hotel dan tempat rekreasi yang dilengkapi dengan kolam renang berbagai ukuran kedalaman. Bahkan sekarang makin banyak orang yang membuat kolam renang sendiri di rumah. Berikut beberap tips membuat kolam renang sendiri

Langkah Awal

Banyak kegunaan tentunya jika Anda mempunyai kolam renang sendiri. Berbeda dengan kolam renang umum, dimana berbagai kendala dan keterbatasan akan menghalangi Anda dan keluarga untuk berenang. Dengan mempunyai kolam renang sendiri, Anda bisa bebas menentukan waktu berenang. Kapanpun ingin berenang, tinggal langsung menuju ke kolam renang. Berenang di tempat sendiri jelas akan menjaga privasi (aurat), karena selain keluarga sendiri tak ada orang lain yang melihatnya.

Nah, sekarang langkah awal yang harus disiapkan untuk memulai membuat kolam renang yaitu :
  • Konsultasikan terlebih dahulu dengan semua anggota keluarga, apakah disetujui jika bagian rumah Anda akan dibuat kolam renang. Hal ini jelas sangat terkait dengan lahan, khawatir lahan terbuka Anda yang sempit ketika dijadikan kolam renang akan mendapatkan protes dari anak atau pasangan Anda .
  • Siapkan tempat terbuka dengan luas minimal 6 x 3 meter. Perlu diperhatikan, jika hanya tersedia 3 x 3 meter yang terbuka bisa digabungkan dengan ruang tertutup yang selama ini dipandang kurang efektif atau bahkan jarang digunakan.

Mahal Nggak?

Nah, sekarang saatnya kita membicarakan berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk membiaya pembuatan kolam renang. Anda akan dibawa dan ditunjukkan bahwa membuat kolam renang itu tak mahal kok. Cukup mengeluarkan kocek kira-kira Rp 5 juta-an, kolam yang sesuai dengan keinginan Anda sudah bisa dihadirkan. Bagaimana caranya :
  • Membiayai konstruksi utama kolam renang. Sudah diperkirakan biayanya untuk konstruksi cor beton plus bayar upah sekitar Rp 3 juta, dan biaya keramik Rp 1 juta.
  • Biaya-biaya alat yang lain, semisal penyaringan/sirkulasi sebesar Rp 400 ribu, mesin penyedot air seharga Rp 200 ribu, mesin penyedot endapan lumpur di dasar kolam seharga Rp 100 ribu, peralon, seng Rp 100 ribu.
  • Desinfektan, kapur, tawas, dsb Rp 100 ribu.
  • Pemasangan instalasi listrik ke perlatan di kolam renang sekitar Rp 100 ribu.
  • Biaya tersebut hanya perkiraan, bisa jadi lebih besar karena sekarang semua bahan kebutuhan hidup naik terus.. :D
Nah setelah kolam renangnya selesai, Anda juga harus membuat bak penampungan airnya denghan volume 0,25 kubik. Kedua kolam disambungkan dengan satu atau dua lubang di dinding bagian atas kolam, untuk saluran pembuangan air kolam renang jika akan dikuras nantinya.

Bagaimana Perawatannya?

Jika Anda sudah memiliki kolam renang, Anda akan tahu betapa pentingnya untuk memelihara si kolam dengan baik dan berapa banyak usaha dan biaya di catatkan untuk merawatnya. Maka penting bahwa setiap hari, mingguan, dan bulanan Anda melakukan beberapa tugas dasar perawatan kolam renang.

Dengan jadwal yang tepat untuk diikuti, pemilik kolam berenang dapat memastikan bahwa kolam renang bersih dan aman untuk digunakan. Setelah checklist sederhana akan memastikan bahwa kolam Anda tetap bagus setelah di kuras, cantik setelah di bersihkan, dan mengundang semua orang, kawan, saudara, pacara, selama kira kira setahun lah.

Checklist Harian untuk Kolam Renang
  • Menghilangkan kotoran dan daun dari kolam renang dengan bantuan keranjang saringan atau menyapu daun.
  • Periksa tekanan filter.
  • Periksa kejernihan air dan jika tidak jelas, maka bersih filter.
  • Memeriksa dan menguji air untuk kebutuhan bahan kimia dan menambahkannya jika perlu.
  • Periksa sistem sirkulasi dan sanitasi.
  • Periksa pH air.
Checklist Pemeliharaan Mingguan untuk Kolam Renang
  • Bersihkan lantai ubin kolam renang dan dinding kolam menggunakan sikat nilon.
  • Bersihkan ganggang di dinding beton dan menggunakan sikat stainless steel untuk melonggarkan ganggang sulit.
  • Periksa dinding dan liner vinil di kolam renang untuk setiap air mata atau retak dan menggunakan kit yang tepat untuk perbaikan air mata dan retak.
  • Bersihkan dek kolam renang menggunakan air. Memastikan bahwa tidak ada air memasuki area kolam.
  • Gunakan penutup kolam renang untuk menutupi kolam renang sehingga proses penguapan disimpan di cek, puing-puing ini terus keluar, dan panas yang terperangkap.


Pemeliharaan Checklist Bulanan untuk Kolam Renang
  • Mengumpulkan sampel air kolam dan bawa ke tester profesional untuk memastikan kebersihan yang layak.
  • Melakukan proses mengaduk kolam renang, terutama jika Anda telah menyelenggarakan sebuah pesta kolam renang atau kota Anda telah terkena badai.
  • Melakukan inspeksi pemeliharaan peralatan kolam renang yang Anda miliki dan melakukan perbaikan apapun jika diperlukan.
  • Periksa bahwa peralatan penyelamatan dapat diakses dengan mudah dan tidak rusak dengan cara apapun.
  • Pastikan bahwa peralatan tersebut diperbaiki jika diperlukan dan bahwa pengguna menyadari bagaimana menggunakannya.

Hmmm.. bikin kolam renang sendiri serta merawatnya ternyata lumayan ribet juga yaa.. :D



Dari gambaran tulisan di atas ternyata membangun kolam sendiri serta merawat kolam renang sendiri ternyata cukup ribet dan menyita waktu dan tidak mudah. Belum lagi masalah kekuatan konstruksi kolam yang harus benar-benar diperhitungkan. Kita pasti tidak ingin kolam renang kita cepat rusak hanya gara-gara salah perhitungan dan konstruksi. 

baca juga Tips Merawat Sepatu Boots

Daripada nantinya banyak terjadi hal yang tidak diinginkan, mungkin untuk pembuatan kolam renang lebih baik kita serahkan kepada ahlinya yaitu Kontraktor Kolam Renang atau Jasa Kontraktor Kolam Renang atau kontraktor swimming pool. Sekarang banyak sekali penyedia Jasa Pembuatan Kolam Renang, namun jangan asal memakai jasa kontraktor kolam renang biasa, pilihkan Kontraktor Kolam Renang Berpengalaman. Biasanya mereka sudah berpengalaman mengerjakan jasa desain kolam renang, pengerjaan, dan juga melayani jasa perawatan kolam renang

Salah satu penyedia jasa pembuatan kolam renang adalah Kontraktor Kolam Renang Malang, mereka sudah berpengalaman mengerjakan berbagai macam dan type kolam renang di berbagai propinsi di Indonesia. Mereka tidak hanya mengerjakan pembuatan kolam renang saja namun juga berbagai fasilitas lainnya seperti waterboom dan waterpark. Selain itu mereka juga sebagai kontraktor SPA dan menjadi supplier peralatan kolam renang serta berbagai produk perlengkapan kolam renang.

Jadi, untuk sera mewujudkan keinginan Anda mempunyai kolam renang yang berkualitas di rumah maupun di tempat rekreasi atau fasilitas umum lainnya, silahkan segera hubungi Jasa Kontraktor Kolam Renang yang sudah berpengalaman sekarang juga...

semoga bermanfaat...


Artikel Terkait

Previous
Next Post »